"KAROMAH KH KHOLLIL BANGKALAN BERSAMA KH AS'AD SAMSUL ARIFIN"

"KAROMAH KH KHOLLIL BANGKALAN BERSAMA KH AS'AD SAMSUL ARIFIN"
      "Suatu sore di pesisir pantai bangkalan, kyai kholil hanya ditemani oleh kyai as'ad samsul arifin, salah satu santri beliau. Beliau-beliau ini sedang berbincang bincang tentang pengembangan pesantren dan persoalan umat islam di daerah madura.
      Persoalan demi persoalan dibicarakan, dan tidak terasa matahari sudah hampir tenggelam.  Sadangkan kyai kholil dan santrinya tersebut belum sholat ashar.
      "Kita belum sholat ashar kyai," kata kyai as'ad samsul arifin.   "Astaghfirullah....",kata kyai kholil menyadari kekhilafannya.
       Dan kyai as'ad samsul arifin berkata bahwa saat itu waktu sudah hampir habis dan tidak mungkin bisa melakukan sholat ashar secara sempurna . Kyai kholil pun menjawab agar kyai as'ad samsul arifin mencari kerocok kyai  as'ad samsul arifin tentu heran, untuk apa kerocok itu, dan bertanyalah beliau kepada kyai kholil. Kyai kholil hanya menjawab dengan tersenyum ; "ya kita pakai ke MEKAH".
      Setelah mendapat kerocok, kyai kholil naik ke atasnya dan diikuti oleh kyai as'ad samsul arifin. Beberapa saat kyai kholil menatap ke arah barat. Dan tiba tiba kerocok yang dinaikki beliau melesat sangat cepat dan sulit diikuti pandangan mata. Sesampainya di mekah, adzan sholat a'sar baru saja dikumandangkan. Setelah mengambil air wudhu, dua kyai besar ini segera menuju shof pertama untuk sholat ashar berjama'ah di MASJIDIL HARAM........

                  ***********
    SUBHANALLOH......

Comments